Rabu, 25 Maret 2015

Macam-macam syaraf

Macam-macam Sel Syaraf (neuron)
1.      Sel syaraf sensori (neuron aferen)
Dendrit berhubungan dengan reseptor dan neuritnya dengan dendrite neuron lain. Fungsi neuron ini adalah menghantarkan impuls dari reseptor ke pusat susunan syaraf
2.      Sel syaraf motori (neuron efektor)
Dendritnya berhubungan dengan neurit neuron lain. Sedangkan, neuritnya berhubungan dengan efektor atau alat tubuh pemberi tanggapan terhadap suatu ransgangan. Fungsi neuron ini adalah menghantarkan impuls motorik dari susunan syaraf pusat ke efektor.
3.      Sel syaraf konektor (neuron konektor)
Sel syaraf ini merupakan penghubung antara neuron yang satu dan neuron yang lain.
4.      Neuron adjustor
Sel syaraf ini merupakan penghubung antara neuron sensorik dan neuron motorik yang terdapat di dalam otak dan sumsum tulang belakang.
a.      Serabut syaraf yang hanya terdiri atas neuron sensorik dan motorik yaitu syaraf ke 5, 7, 9, dan 10
1.      Serabut syaraf sumsum tulang belakang
Serabut syaraf sumsum tulang belakang merupakan gabungan syaraf sensorik dan syaraf motorik. Serabut sumsum tulang belakang berjumlah 31 pasang.
A.     System Syaraf Otonom
Sistem syaraf otonom atau syaraf sadar merupakan gabungan dari neuron sensorik dan neuron motorik, sistem syaraf ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
1.      Syaraf Simpatis
Berpangkal sehingga disebut torakolumbal, fungsinya adalah untuk mengaktifkan berbagai organ tubuh agar bekerja otomatis.
2.      Syaraf Parasimpatis

Serabut syaraf ini berpangkal pada sumsum lanjutan atau medulla oblongata dan disakrum. Sifat kerja sistem syaraf ini berlawanan dengan syaraf sifat kerja syaraf simpatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar