Selasa, 24 Maret 2015

Susunan Sistem Syaraf Manusia


A.     Susunan Sistem Syaraf Manusia
Sistem syaraf manusia terdiri atas sistem syaraf sadar dan sistem syaraf tak sadar (otonom). Sistem syaraf terdiri atas sistem syaraf pusat dan sistem syaraf tepi. Syaraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang, syaraf tepi terdiri atas serabut syaraf otak dan serabut syaraf sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem syaraf otonom terdiri atas sistem syaraf simpatis dan parasimpatis.
1.      Otak
Otak terletak di depan sumsum tulang belakang. Pada manusia perumbuhan otak lebih bai daripada pertumbuhan sumsum tulang belakang. Otak sebagai pusat syaraf terbagi atas beberapa bagian yaitu :
a.      Otak besar (cerebrum), merupakan bagian terbesar dari otak. Otak besar terdiri atas empat bagian yaitu bagian belakang merupakan pusat penglihatan, bagian samping merupakan pusat pendengaran, bagian tengah merupakan pusat pengatut kerja kulit, otot terhadap pengaruh panas, dingin, sentuhan, tekanan, dan antara bagian tengah dengan bagian belakang merupakan pusat perkembangan kecerdasan, ingatan, kemauan, dan sikap.
b.      Otak tengah
Letak otak tengah didepan jembatan varol. Otak tengah merupakan lobus optic yang merupakan pusat reflex mata dan pendengaran.
c.       Otak kecil (cerebellum)
Letak otak kecil adalah di sebelah bawah belakang otak besar. Fungsi otak kecil adalah sebagai pusat keseimbangan.
2.      Sumsum
Sumsum merupakan pusat syaraf yang letaknya di belakang otak. Sumsum dibedakan menajdi dua, yaitu sumsum lanjutan atau medulla oblongata dan sumsum tulang belakang.
Sumsum tulang belakang dan otak terbungkus oleh selaput yang disebut meninges. Meninges terdiri atas tiga lapis yaitu :
1.      Durameter, selaput yang melekat pada tulang.
2.      Paimeter, selaput yang melekat pada permukaan sumsum
3.      Araknoid, selaput yang terletak diantara durameter dan paimeter.
B.      Sistem Syaraf  Tepi
Sistem syaraf tepi terdiri atas serabut-serabut syaraf yang menghubungkan pusat dengan alat-alat tubuh. Serabut syaraf yang keluar dari otak disebut serabut syaraf otak, sedangkan yang keluar dari sumsum tulang belakang disebut serabut syaraf sumsum tulang belakang.
1.      Serabut syaraf otak
Serabut ubu berjumlah 12 pasang yang keluar dari otak, yang dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :
a.      Serabut syaraf yang hanya terdiri atas neuron sensorik yaitu syaraf ke 1, 2, 3 dan 8

b.      Serabut syaraf yang hanya terdiri atas neuron motorik, yaitu syaraf ke-3, 4, 6, 11, dan 12 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar